MANFAAT SPEKTRUM ULTRAVIOLET

Dalam penginderaan jauh, anda mengenal adanya system fotografi dan system non-fotografi. Sistem Penginderaan jauh system fotografi menggunakan kamera yang dibawa dengan pesawat udara, gantole, atau bahkan layang-layang dengan ketinggian pemotretan yang tidak terlalu tinggi sehingga jangkauannya masih cukup sempit. Namun proses penginderaan jauh ini menghasilkan hasil yang mendetail dan mudah digunakan untuk menganalisis suatu wilayah secara rinci.


Salah satu spectrum yang digunakan dalam pemotretan udara ialah spectrum ultraviolet. karakteristik sinar ultraviolet secara umum adalah mudah dihamburkan oleh atmosfer karena panjang gelombang yang begitu pendek yakni 0,3 mikro-meter, selain itu juga mudah diserap oleh objek. Karena sifatnya yang mudah dihamburkan atmosfer inilah maka foto udara menggunakan ultraviolet sangat baik untuk menunjukkan tinggi-rendah, jauh-dekat, dan tekstur suatu objek. Semakin gelap atau semakin tegas warna ungunya berarti semakin dekat jaraknya.



Saat anda pergi ke swalayan atau ke supermarket, sesekali perhatikan meja kasir. Disana akan anda temui lampu ultraviolet yang digunakan untuk mengecek keaslian uang yang dibayarkan di kasir. Uang asli memiliki tanda berupa gambar pahlawan yang dicetak agak timbul dan tidak kasat mata, selain itu ada benang-benang pengaman yang juga hanya terlihat saat disinari ultraviolet. seperti itulah kira-kira prinsip kerja foto ultraviolet akan memperlihatkan relief secara jelas karena perbedaan jarak. Contoh lain adalah ketika melakukan pemotretan di daerah bersalju misalnya di kutub. Foto udara ultraviolet digunakan untuk mendeteksi populasi beruang kutub. Jika menggunakan foto biasa maka hanya akan terlihat hamparan putih salju saja karena beruang kutub berkamuflase sangat baik dengan salju. Dengan ultraviolet akan tampak populasi beruang kutub karena akan terlihat teksturnya berbeda. Timbul pertanyaan, mengapa tidak digunakan spectrum inframerah termal? Karena suhu udara yang sangat dingin, spectrum inframerah termal dapat terdistorsi oleh suhu lingkungan dan karena bulu beruang kutub yang tebal juga menyembunyikan suhu tubuh si beruang kutub itu sendiri sehingga hasil yang diperoleh akan tidak akurat.
Dengan mengetahui prinsip ini, ultraviolet banyak digunakan dalam militer untuk keperluan mendeteksi keberadaan musuh yang tersembunyi daripada menggunakan spectrum inframerah termal.



Ahmad Prakarsa S S
Mahasiswa Fakultas Geografi
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar