urgensi penelitian





Dalam dunia perkuliahan, istilah penelitian itu tidak asing lagi, karena pada akhirnya nanti kita dituntut untuk mampu meneliti. Secara umum meneliti sering diartikan mengungkap suatu hal, kejadian yang nantinya dapat menemukan sebuah jawaban yang dapat berguna bagi kemaslahatan umat manusia.

Penelitian dianggap penting, karena dalam setiap apa yang kita lakukan dalam penelitian itu pasti membuahkan hasil yang benar-benar bisa digunakan, selain itu juga penelitian dalam arti penting lainnya adalah memecahkan permasalahan bangsa. Bisa dilihat berbagai contoh, banyal peneiltian mengenai makanan alternative, yang bisa menyelesaikan permasaahan pangan yang ada di Indonesia yang jelas telah di uji bagaimana rasa, gizi, harga serta kekhalalannya.

Banyak hal yang diperoleh apabila kita senang akan hal penelitian, bertambahnya pengalaman, kawan, serta mungkin menaikan prestise seseorang. Banyak ajang untuk penelitian dimana dari situ kemampuan meneliti kita diuji. Bagaimana kiat dan strategi kita agar penelitian itu menarik, dan nantinya bisa bermanfaat untuk saat ini dan diharapkan mampu secara berkala.

Permaslahan di Indonesia ialah dana untuk penelitian sangat minim, tidak masalah mengenai biaya. Yang jadi permasalahan adalah apakah hasil penelitian itu benar-benar karya tangan kita atau hanya sebagai plagiatisme, yang kini santer terdengar isu plagiatisme oleh aktor pendidikan, tidak patut dicontoh.

Sekali lagi, penelitian dianggap penting karena masalah apapun dapat diatasi dan setiap masalah pasti menimbulkan hal yang mengganggu stabilitas social, dengan adanya penelitian permasalahan umat bisa terselesaikan..

Menaggapi istilah urgensi penelitian divisi penelitian GSC dalm setiap bulannya mengadakan research course, kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa lebih mengerti akan penelitian, dan sebagai sarana pembelajaran penellitian yang langsung didatangkan pembicara yang memang telah berpengalaman.

Pada research course yang pertama di bulan Maret, pembicara ialah Rayendra (TK’05) dalam kegiatan ini mengambil tema adalah urgensi penelitian, seperti telah dijelaskan pentingnya sebuah istilah penelitian khususnya pada civitas akademik. Dalam penjelasannya beliau menjelaskan bahwa ketika kita akan meneliti, maka carilah sebanyak-banyaknya masalah, masalah dalam arti disini adalah masalah yang bersifat ilmiah, kemudian rajin-rajinlah mengamati apa saja yang ada disekitar kita, dan amati beberapa penelitian yang sudah ada untuk dijadikan sebagai pemancing ide dalam otak kita. Sedangkan pada research course yang kedua pembicara langsung dari geografi Bayu (KPJ’04) dengan tema penentuan permasalah dalam penelitian, tidak berbeda dengan apa yang dibicarakan akan tetapi dalam hal ini lebih ditekankan pada banyaknya referensi bacaan yang diperlukan dan pengamatan langsung dilapangan. Ingin tau research course selanjutnya,, tunggu tanggall mainnya ya.. ! (desi, GEL '07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar