Pelajar DIY Kritisi Kondisi Lingkungan lewat GESTURE

BULAKSUMUR (KU) – Untuk membangun semangat pelajar Yogyakarta akan kepeduliannya pada lingkungan sekitar, Geography Study Club (GSC) Fakultas Geografi UGM telah menyelenggarakan kegiatan GESTURE (Geography Student Creativity Week). Dengan mengambil tema "Dinamika Sosio-Ekologi Masyarakat Kota Pelajar menurut Perspektif Intelektual Muda", GESTURE kali ini meliputi Lomba Debat Berbahasa Inggris, Lomba Pidato Berbahasa Inggris, dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). 



Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Fakultas Geografi, Dr. Lutfi Muta’ali, S.Si., M.T., mengatakan dalam perlombaan yang diadakan Minggu (14/11) ini diikuti oleh siswa-siswi SMA negeri dan swasta di Provinsi DI Yogyakarta. Hal tersebut menunjukkan besarnya perhatian para pelajar di provinsi ini terhadap kondisi lingkungannya. "Mereka dapat dengan lugas memaparkan ide dan pemikiran mereka kepada publik dengan baik. Potensi ini yang seharusnya dapat terus dibina dan dikembangkan supaya nantinya ide-ide cemerlang mereka tidak hanya berhenti di GESTURE, namun juga dapat diaplikasikan di masyarakat sebagai bentuk kontribusi mereka untuk lingkungannya," kata Lutfi Muta’ali dalam rilisnya yang dikirim kepada wartawan, Selasa (16/11). 

Menurut Lutfi, pelajar sebagai kaum intelektual muda dituntut untuk lebih peka dan peduli terhadap kondisi serta perubahan lingkungan sekitarnya. Segala jenis informasi yang masuk dalam tatanan hidup masyarakat dan teknologi baru yang terus bermunculan tentu akan mempengaruhi interaksi masyarakat dengan lingkungan, baik dari segi ekologi maupun fenomena sosial budaya yang ada. "Melalui kemampuan intelektualnya, pelajar dianggap mampu mengkritisi perubahan ini dan menyikapinya dengan bijaksana. Pada masa seperti sekarang ini, tentunya kontribusi pelajar sangat diharapkan dalam mengkritisi kondisi lingkungannya serta mengubahnya ke arah yang lebih baik," tuturnya. 

Hasil Lomba GESTURE kategori Debat Berbahasa Inggris, juara I diraih oleh tim SMA Negeri 9 Yogyakarta, disusul oleh SMA Stella Duce II Yogyakarta dan MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta sebagai juara II dan III. Untuk Lomba Pidato Berbahasa Inggris, tampil sebagai juara I adalah Indriani Pratiwi dari SMA Negeri 2 Yogyakarta, sedangkan juara II dan III berturut-turut ialah Vincensia Ariane Avianti dari SMA Stella Duce II Yogyakarta dan Monica Daru Murti dari SMA Stella Duce II Yogyakarta.

Untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), juara I diraih oleh MAN 3 Yogyakarta dengan judul "Pergeseran Nilai Fungsi Andong yang Ramah Lingkungan di Kota Pelajar". Berikutnya, juara II adalah SMA Negeri 8 Yogyakarta dengan judul "Kelayakan Pasir dari Sungai Gendol sebagai Bahan Bangunan", dan diikuti juara III, SMA Kolese de Britto, dengan judul "Pengaruh Tradisi Ciblon terhadap Kebersihan Sungai Code". (Humas UGM/Gusti Grehenson) 

sumber: http://ugm.ac.id/index.php?page=rilis&artikel=3206

Tidak ada komentar:

Posting Komentar