Pelatihan Penelitian Aspek Sosial dan Fisik di Pantai Bugel

Sebagai seorang geograf, kegiatan penelitian tidak akan pernah bisa untuk ditinggalkan. Kegiatan penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi masalah dan memecahkannya. Pengenalan kegiatan penelitian haruslah dilakukan sedini mungkin, maka dari itu, untuk mengenalkan kegiatan penelitian mahasiswa angkatan baru yaitu angkatan 2010, GSC melakukan kegiatan pelatihan penelitian di Pantai Bugel pada hari sabtu tanggal 26 Februari 2011. Pantai ini terletak di Kabupaten Kulon Progo dan relatif sepi pengunjung.

Kelompok penelitian ini terbagi dalam dua tim, yaitu tim yang melakukan penelitian di bidang sosial terlebih dahulu yang kemudian dilanjutkan dengan penelitian di bidang fisik dan tim yang melakukan kegiatan penelitian di bidang fisik terlebih dahulu yang kemudian dilanjutkan dengan penelitian di bidang sosial. Pembagian kelompok ini bertujuan agar semua mahasiswa dapat berkesempatan menggunakan alat-alat praktek yang terbatas. Dalam melakukan kegiatan penelitian di bidang sosial ini, mahasiswa harus berhati-hati dalam memberikan pertanyaan kepada warga masyarakat karena warga masyarakat di sekitar Pantai Bugel ini menjadi lebih sensitif jika menyangkut tentang pertambangan pasir besi yang dicanangkan oleh pemerintah daerah setempat. Untuk itu, dalam pelatihan kali ini, mahasiswa harus pintar-pintar memberikan pertanyaan kepada masyarakat sekitar. Kelompok yang kedua, meneliti tentang aspek fisik yaitu mengenai kemiringan lereng, membuat garis kontur dengan alat-alat praktikum, menghitung ketinggian muka air laut.

Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan penelitian di semua bidang, mahasiswa diwajibkan untuk membuat hasil dari penelitiannya tersebut dan kemudian dipresentasikan. Waktu presentasi hanya disediakan sekitar 15 menit, untuk itu mahasiswa diharapkan dapat memberikan informasi yang langsung menuju ke pokok permasalahan dan penyelesaiannya. Setelah semua kelompok mempesentasikan hasil penelitiannya, maka kegiatan selanjutnya adalah pelantikan anggota baru GSC tahun 2011-2012. Acara pelantikan ini dipimpin oleh Presiden GSC Lintang, yang diikuti oleh pengucapan janji anggota GSC.

Kegiatan penelitian ini merupakan serangkaian agenda kegiatan GSC pada satu tahun ke depan yang selanjutknya akan dilakukan kegiatan-kegiatan lain sesuai dengan minat divisi masing-masing mahasiswa. Melalui kegiatan pelatihan penelitian ini diharapkan sebagai seorang geograf, mahasiswa dapat lebih peka terhadap permasalahan di sekitar dan mempunyai sosuli untuk pemecahan masalah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar